
Materi pendampingan PKB bagi guru IPA dirancang untuk memperkuat pemahaman konseptual dan keterampilan pedagogik dalam mengajar ilmu pengetahuan alam secara kontekstual dan menyenangkan. Fokus utama pendampingan ini mencakup pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, pemanfaatan media dan teknologi digital, serta pengembangan asesmen autentik yang mampu mengukur keterampilan berpikir kritis dan ilmiah siswa. Selain itu, guru juga dibekali dengan strategi integrasi literasi numerasi dan karakter dalam pembelajaran IPA untuk mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila.
Kegiatan pendampingan ini tidak hanya bersifat transfer ilmu, tetapi juga memberikan ruang refleksi, diskusi kasus nyata, serta praktik langsung melalui lesson study dan microteaching. Dengan demikian, guru IPA diharapkan dapat menerapkan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan berorientasi pada penguatan kompetensi abad 21. Melalui pendampingan yang berkesinambungan, guru IPA dapat terus berkembang sebagai fasilitator pembelajaran yang adaptif, inspiratif, dan mampu menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik.







